TV Online

Jumat, 28 Januari 2011

Sedulur papat













Pengertian yang sangat luas mengenai Sedulur papat.
· sedulur papat sebagai perlambang empat unsur badan manusia yang mengiringi seseorang sejak dilahirkan di muka bumi, Maka sedulur papat terdiri dari unsur kawah sebagai kakak, ari-ari sebagai adik, dan darah-daging sebagai dulur kembarnya maka sesepuh kita dulu selalu mengucap:
kakang kawah adi ari-ari, kadhangku kang lahir nunggal sedino lan kadhangku kang lahir nunggal sewengi, sedulurku papat kiblat, kelimo pancer…ewang-ewangono aku..saperlu ono gawe …
adalah merupakan doa untuk menyatuka kebulatan tekat dan niat.
· Sedulur papat bisa di artikan 4 sifat dasar manusia antara lain
1. Nafsu Amarah. Merupakan daya kemauan manusia
Emosi, dendam, keinginan terhadap sesuatu yang tidak tercapai.Meluapkan emosi yang tidak terkendali sehingga dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk terjadi. Sebagai contoh :
- Memarahi orang dengan kata-kata kasar tanpa kejelasanpenyebabnya.
- Iri hati, dengki, menyimpan dendam.
- Menghina / menghujat orang lain.

2. Nafsu Haluamah.
merupakan daya membangun badan (lahiriah).
Mencari kesenangan lahiriah sehingga melupakan Tuhan atau
disebut juga Nafsu Dunia.
Meluhurkan : Tidak boleh bicara apalagi melaksanakan perbuatan terhadap nafsu duniawinya.nafsu Mencari nafkah , menilai segala sesuatu dari segi materi Membanggakan kecantikan fisik.jika tanpa di kendalikan akan timbul Serakah, kikir, tamak, korupsi. sampai melupakan Tuhan.
3. Nafsu Sufiah.
Nafsu untuk mencari kesenangan batin atau disebut juga Nafsu Batin.Meluhurkan : Tidak boleh bicara apalagi melaksanakan , Merupakan keinginan, kekuatan, mendekatkan hati
pada sesuatu. Dan sesuatu itu bisa baik bisa buruk dan jika tidak di kendalikan akan menjadi nafsu Senang berjudi, mabuk, berzina.Bersukaria melihat penderitaan orang lain.

4. Nafsu Mutmainah
Berbuat sesuatu dengan pamrih, mencari popularitas.
Sebagai contoh :
- Memberi bantuan supaya dipuji.
- Melakukan sholat supaya dipuji.
- Mengharapkan balasan / imbalan jika menolong orang.
Sifat positif : Merenung, mendekat pada Tuhan.Nafsu-nafsu ini jangan dimatikan tetapi harus diluhurkan Keempat sifat dasar manusia tersebut memang harus tetap ada dan tidak boleh di matikan tapi harus di kendalikan agar tidak berkecenderungan untuk kea rah yang, Negatif dan jika di matikan maka manusia tidak punya semangat hidup

    · Sedulur papat bisa di artikan 4 unsur kekuatan alam
     1. Kekuatan Bumi adalah di lihat secara makrokosmosnya adalah kekuatan yang mewakili kekuatan padat di bumi seperti tanah ,batu,pohon,batu,baja, dan sebagainya, dan di lihat secara mikrokosmosnya adalah kekuatan atosing balung , uleting kulit land aging sakeing brojo tan biso tumomo.
     2. Kekuatan Tejo Apia atau panas di lihat secara makro kosmosnya adalah matahari di lihat dari mikro kosmosnya adalah Suhu badan dan sinar mata, adalah salah satu kekuatan kewibawaan ,
     3.Kekuatan tirto/ banyu/ air di lihat secara makrokosmosnya adalah air samudra dan air sungai, dan secara mikrokosmosnya adalah darah. Air seni, dan kelenjar, Sifat air selalu menyesuaikan tempat di mana dia berada member petunjuk untuk kita suatu kekuatan lembah manah lan andap asor,tepo seliro dan rasa air dua rasa asin dan Tawar. Namun kedua air itu mempunyai daya hidup yang menyejukan. Saat di laut member kehidupan di laut di darat member kehidupan selalu member daya hidup di man saja. Air yang asin adalah air yang sudah bercampur dengan kehidupan, dan sifat air itu sendiri adalah Murni tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Member nasehat kepada kita sebagai manusia yang sudah bercampur dengan berbagai macam kehidupan sehingga menjadikan diri kita seperti air laut yang sudah tercemar dengan kehidupan di laut tetapi masih bbisa memberi daya hidup bagi makluk lain. Kitapun harus selalu mempunyai sifat yang murni.
4. Kekuatan angin atau udara di lihat makro kosmosnya ya hanya angin di lihat dari mikrokosmosnya adalah paru-paru dan rongga perut sifat angin Udara selalu mengalir ke tempat yang bertekanan rendah member petunjuk pada kita agar selalu menjadi kekuatan bagi siapa saja termasuk diri kita sendiri untuk selalu datang dan menolong setiap orang yang lemah termasuk diri kita di saat diri kita merasa lemah.
· Sedulur papat bisa di artikan 5 sedulur Keblat/ arah.
1. Sedulur kang manggone ono etan/ kekuatan Bumi/ sifat haluama/kakang kawah, Kita kalau berjalan ke Timur akan selalu ketemu dengan sodaara kita jika kita berjalan dengan selalu membawa Damai dan membawa kabar bungah dengan siapa saja.
2. Sedulur kang manggone ono kidul/Kekuatan Angin/sifat supyah /daging, Kita kalau berjalan ke selatan akan selalu ketemu dengan sodaara kita jika kita berjalan dengan selalu membawa Damai dan membawa kabar bungah dengan siapa saja.
3. Sedulu kang manggone ono kulon/kekuatan Api/sifat amarah./adi ari-ari, Kita kalau berjalan ke barat akan selalu ketemu dengan sodaara kita jika kita berjalan dengan selalu membawa Damai dan membawa kabar bungah dengan siapa saja.
4. Sedulur kang mnggone ono elor/ kekuatan air/ sifat mutmainah./darah, Kita kalau berjalan ke Utara akan selalu ketemu dengan sodaara kita jika kita berjalan dengan selalu membawa Damai dan membawa kabar bungah dengan siapa saja.
Ini sedikit pemahaman menurut peahaman kami Tentunya banyak sekali perbedaan dengan pandangan ini yang di sebabkan karena Olah spiritual yang berbeda tingkatannya. Tapi jangan di lihat perbedaanya akan tetapi di lihat makna dan kandungan filosofi hidup yang terkandung di dalamnya.
 .

1 komentar:

  1. monggo sedulur-sedulur kabeh...kita mennuntut ilmu nuju kasampurnaning urip lan urip kang sampurno.

    BalasHapus