TV Online

Jumat, 04 Februari 2011

Awal ilmu kasampurnan

Bertobat sampai kita menjadi seperti anak kecil
Inti dari kasampurnan adalah berawal dari “PERTOBATAN” Sebagian besar Kitab suci para Nabi zaman dulu adalah seruan untuk “TOBAT” karena itu adalah dasar dan awal dari Ilmu kasampurnan sejati. Kenapa manusia perlu bertobat? Di saat kita di ketuk mata batin kita akan sebuah kata “ Bertobat” maka yang kita ingat adalah Dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan. Kita cenderung membri ruang bebas pada Hawa nafsu duniawi ”Sedulur papat sifat Haluama,amarah,sufiah,dan mutmainah”. Dan memasung hati kecil kita “ Sukma sejati/guru sejati” di tempat yang terpuruk sehingga Raga kita tidak mampu dan tidak berdaya mendengar seruan sang Guru sejati. Sehingga gampang di kuasai sifat Sedulur papat yang bersifat duniawi.
Kenapa perlu bertobat – karena ada dosa
Kenapa ada dosa – karena ada godaan/tawaran
Godaan yang bagaimana Sampai bisa membuat kita jatuh dalam dosa..?
Adalah godaan yang melanggar Hukum Tuhan. Adalah yang membuat putus dan rusaknya sebuah hubungan baik. Hubungan manusia dengan pencipta hubungan manusia dengan sesame ciptaan hubungan manusia dengan lingkungan.
Karena ada godaan – manusia masuk dalam dosa- manusia perlu bertobat- ada pertobatan maka ada pengampunan.
Definisi Dosa mempunyai beberapa definisi
·           #Secara umum adalah pelanggaran Hukum_hukum Sang pecipta.
·           #Secara spesifik adalah Putus/ rusaknya Hubungan manusia dengan Tuhan , manusia dengan sesama CiptaanNya dan manusia dengan Lingkungan.
Rusaknya hubungan manusia dengan Tuhan,hubungan manusia sesama ciptaan, dan hubungan manusia dengan lingkungan yaitu tidak adanya keseimbangan antara makro kosmos dan mikrokosmos ini kerena diri kita yang tidak tahan dengan godaan-godaan yang melanggar aturan Tuhan. Cenderung “ Ngujo howo papat” Guru sejati yang berperan sebagai Tuntunan titik kedekatan kita dengan sang pencipta tidak di akui lagi keberadaannya.
Dasar pertobat bukan berasal dari ketakutan kita akan "Neraka" atau ketergiuran kita dengan keindahan "Surga". Pertobatan adalah kesadaran tertinggi kita akan nilai baik sebuah pertobatan dan hasil /buah baik dari hasil pertobatan.
"rahasia kebahagiaan adalah melihat segala hal tanpa melupakan dirimu sendiri. Demikian pula sebaliknya, jangan hanya terpaku pada dirimu sendiri dan melupakan segala hal yang terjadi di seputarmu."
untuk mengubah dunia, pertama-tama kita harusmengubah diri kita sendiri lebih dahulu


Doa pertobatan dan janji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar